Esai-esai Nano

Desember 7, 2014

Kurikulum 2013 dan Keplinplanan

Filed under: Daily Life,Indonesia — estananto @ 12:54 pm
Tags:

Akhirnya kurikulum 2013 dihentikan. Bagi sekolah-sekolah yang sudah menjalankan kurikulum ini selama 3 semester diminta tetap melanjutkan kurikulum ini. Sisanya diminta kembali ke kurikulum 2006.

Pertanyaan saya sebagai orang tua dari dua anak yang harus belajar dengan kurikulum 2013 sebenarnya sederhana saja. Dengan kebijakan ini berarti ada sekolah yang menjalankan kurikulum 2013 dan ada vpula sekolah yang menjalankan kurikulum 2006 di saat yang bersamaan. Tapi nanti bagaimana ketika lulus? Apakah standardnya sama?

image

Atau nanti berarti semester genap raportnya kembali ke kurikulum 2006 tapi semester ganjilnga kurikulum 2013. Jadinya gado-gado begitu? Kedua, bagaimana dengan biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk sosialisasi dan impementasi kurikulum 2013? Kementerian bahkan telah mencetak banyak buku untuk menunjang kurikulum ini. Itu sudah habis berapa milyar atau bahkan trilyun? Saya kira setiap pengambil keputusan paham bahwa setiap keputusan untuk mencabut keputusan yang sudah diambil secara terburu-buru hanya menyebarkan kebingungan dan menurunkan wibawa. Apalagi Negara. Tentunya tidak boleh plin-plan.

1 Komentar »

  1. nunggu hasilnya mas Nano juga.. kalau memang materi hampir sama, kurikulum lama sama yang baru beda rapor nya saja kan?

    Komentar oleh Achmad Rafmawan — Desember 9, 2014 @ 12:38 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.