Esai-esai Nano

Februari 5, 2013

Bung Karno Tidak Mau Bubarkan HMI

Filed under: Indonesia — estananto @ 8:50 am
Tags: , , ,

Bung Karno Tidak Mau Bubarkan HMI

Hari ini HMI berulang tahun yang ke-66. Perjalanan HMI yang penuh dengan pasang surut bersama pasang surutnya perjalanan bangsa Indonesia membuatnya terasa unik. Terkadang peristiwa-peristiwa kontroversial terus menjadi kenangan yang bermanfaat bagi perjalanan menuju masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik.
1965. Nasakom di mana-mana. Walaupun sebenarnya PKI tidak diberi kekuasaan secara riil oleh Sukarno (di dalam kabinet hanya ada 2 Menteri dari PKI, itupun hanya Menteri Negara, tidak memegang Departemen), namun mereka kuat dalam aksi-aksi massa. Di daerah-daerah, tidak jarang mereka bentrok dengan kaum Nahdliyyin menyangkut perbedaan interpretasi tentang tanah-tanah pesantren. Ini kemudian menjadi bara dalam sekam yang meledak setelah G30S.
Sedangkan di level nasional, Ketua PKI Dipa Nusantara Aidit (nama aslinya Ahmad Aidit) menyerukan agar pemerintah membubarkan Himpunan Mahasiswa Islam. Bahkan di depan CGMI tanggal 29 Agustus 1965 dia menyerukan kalau CGMI tidak mampu membubarkan HMI lebih baik mereka pakai sarung saja. Padahal, Wakil Perdana Menteri (Waperdam) Dr. Leimena yang bicara sebelumnya mengatakan pemerintah tidak akan membubarkan HMI. Tepat seminggu sebelumnya Sukarno sendiri yang mengatakan HMI tidak akan dibubarkan.
Siapa sangka, hanya sehari sesudahnya terjadi G30S. Massa PKI yang gagap karena komandonya keblinger balik menjadi bulan-bulanan. HMI mengambil posisi anti-komunis bersama organisasi kemahasiswaan lain seperti PMII, GMNI, PMKRI, dan GMKI ikut dalam Angkatan 1966 yang mengakhiri kekuasaan Sukarno.
Apakah itu sebuah ironi atau sebuah tuntutan zaman, tentu akan menjadi perdebatan panjang.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: