Esai-esai Nano

Februari 4, 2013

Gordon Moore, Dokumen Gilchrist, dan disinformasi

Filed under: Indonesia — estananto @ 10:17 am
Tags: , , , ,

Gordon Moore, Dokumen Gilchrist, dan disinformasi

Tahun 1965 – anda dan saya tahu – belum ada Internet. Bahkan tahun itu Gordon Moore dari Intel baru menerbitkan “ramalan”nya – atau lebih tepatnya “target” – bahwa jumlah transistor yang terkandung dalam satu chip akan berlipat ganda setiap 18 bulan. Dari hukum Moore itu kemudian lahir revolusi komputer yang kemudian beranak menjadi revolusi informasi. Mengapa? Karena revolusi informasi dimungkinkan oleh tersedianya komputer yang dapat saling berkomunikasi. Gadget yang anda pakai sekarang, otaknya adalah mikroprosesor yang lebih canggih daripada mikroprosesor yang mendaratkan Apollo XI di bulan tahun 1969 lho!
Tetapi apa yang terjadi tahun 1965 itu di Indonesia tentu bukan diskusi tentang artikel Moore melainkan huru-hara yang melibatkan jutaan nyawa. Awal mulanya adalah sebuah dokumen yang disebut sebagai dokumen Gilchrist di rumah peristirahatan Bill Palmer – seorang Amerika. Apa isi dokumen Gilchrist itu?
Katanya – CIA punya “local army friends” di Indonesia. Konon dokumen inilah yang menjadi dasar Subandrio (Menteri Luar Negeri dan Kepala intelijen saat itu) untuk melaporkan kepada Presiden Sukarno tentang adanya tentara yang tidak loyal. Tetapi yang ingin saya bahas adalah, hingga hari ini tidaklah jelas betul dari mana asal Dokumen Gilchrist itu. Ada yang bilang itu buatan Intel Cekoslowakia. Tetapi ada yang punya logika itu justru buatan intel negara Barat, karena hasil akhirnya komunis hilang dan habis di Indonesia.
Nah, sekarang ini disinformasi semacam dokumen Gilchrist nggak cuma satu. Ada ribuan bahkan jutaan informasi yang kita dapatkan di gadget kita. Banyak informasi yang tidak kita ketahui asal muasalnya kita anggap sebagai kebenaran. Cepatnya aliran informasi mendahului kemampuan kita untuk memeriksa kebenaran informasi itu sehingga “niat baik” menyebarkan informasi malah menjadi bola liar.

Hati-hatilah menyebarkan “dokumen Gilchrist” dari ujung jari anda…

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: