Esai-esai Nano

Februari 10, 2013

TMP Cikutra

Filed under: Daily Life,Indonesia — estananto @ 8:43 am
Tags: ,

TMP Cikutra

Sebuah Taman Makam Pahlawan biasanya dimaksudkan agar jasad para pahlawan diberikan peristirahatan terakhir yang elegan, agar masyarakat dan keluarga mereka dapat selalu mengenang jasa-jasa mereka.
Mungkin sekali ide TMP ini diambil dari kebiasaan Belanda mendirikan Ereveld. Biasanya di depan ada pelataran luas dan daftar mereka yang dimakamkan di sana, lalu di tengah hamparan rumput ada jejeran makam yang sangat bersih, biasanya berwarna putih. Karena banyak dari mereka yang beragama Kristen, maka ditata salib-salib berderet dengan rapi. Pemandangan serupa juga diperlihatkan di film “Saving Private Ryan”.
TMP Kalibata juga dibangun dengan konsep yang sama. Di depan TMP ini ada koridor panjang, putih, dan megah, sehingga pengunjung langsung dapat berjalan dengan nyaman. Di dalamnya ada deretan papan-papan nama (sesuai kebiasaan umat Islam Indonesia) dengan helm tentara warna perak di bawahnya. Yang bisa dimakamkan di TMP ini bukan sembarang orang, tetapi minimal harus pemegang tanda jasa dari Negara.
TMP Cikutra di Bandung ini mungkin sekali dibangun dengan konsep yang sama. Sayang sekali dari depan TMP ini terkesan kurang elegan, padahal jalan 4 jalur di depannya bisa menunjang citra elegan TMP ini. Kini di depan TMP Cikutra ditempati kaki lima yang bebas berjualan.
Atau jangan-jangan kini keteraturan itu hanya milik makam “swasta” seperti “San Diego Hills” yang bahkan punya bagian khusus untuk “Heroes”? Lho status pahlawan kok bisa dibuat sendiri…

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: