Esai-esai Nano

Februari 6, 2013

Pipihkan Kotak Bekas Minum Anda

Filed under: Daily Life,Pernik — estananto @ 6:53 am
Tags: , ,

Pipihkan Kotak Bekas Minum Anda

Gaya hidup modern menjadikan produk-produk yang praktis menjadi populer di pasaran. Kalau dulu biasanya kita membawa termos dari rumah untuk bekal minum, kini kita cukup membawa kotak berisi minuman yang dapat dibeli di mana saja.
Dulu Teh Kotak sangat terkenal sebagai satu-satunya minuman (teh) yang dikemas di dalam kotak kecil dan diminum lewat sedotan yang dicoblos di pojok atas. Kini bukan hanya teh, dari susu, kopi, hingga kacang hijau dikemas dalam kotak.
Tapi ngomong-ngomong, setelah minuman habis, bagaimana cara anda membuangnya? Di Indonesia biasanya kotak kosong dibuang begitu saja. Padahal best practice-nya di negara maju adalah menekan kotak kosong itu hingga pipih. Untuk apa?
Sekarang, anda membuang kotak anda di tempat sampah. Nanti sampah berisi kotak itu sampai di tempat pembuangan, lalu diangkut oleh petugas kebersihan. Terus demikian hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Nah, kotak yang tidak dilipat tetap berisi udara sampai sana dan memakan volume. Kalau kita bandingkan antara kotak yang dibiarkan tanpa dipipihkan dan kotak yang sudah dipipihkan kira-kira 30 cm3 (perhitungan kasar), maka kalau di TPA itu ada satu juta kotak, maka kotak-kotak itu saja akan memakan 30 m3 tempat. Jadi kalau anda memipihkan kotak, anda ikut menghemat tempat di TPA yang selalu menggunung itu.

Mari kita berkontribusi dari urusan kecil-kecil…

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: