Esai-esai Nano

November 6, 2012

BB lemot? Coba reinstall OS lama…

Filed under: Daily Life — estananto @ 12:39 am
Tags: , , , ,

Setahun ini saya direpotkan dengan Blackberry (BB) saya yang sangat sering hang, memory sering penuh, dan baterai yang sangat boros. Hari ini saya baru dapat ide dari penjual hp yang mengatakan, barangkali BB saya yang Curve 9300 itu memang tidak kuat diinstall OS 6.0 yang baru. Mungkin saja Curve 9300 memang cocoknya dengan OS 5.0.

Okay, mengapa tidak saya coba saja. Maka hampir 4 jam saya pelajari, download, dan reinstall OS 5.0 ini pada BB saya. Satu hal yang signifikan, penggunaan user memory (karena saya pakai bahasa Jerman: Anwendungsspeicher, saya terjemahkan jadi user memory, betul nggak sih?) turun dari 248 MB (!) ke 92 MB. Padahal maksimum memory untuk Curve 9300 adalah 250 MB. Hmm, pantas saja ketika menggunakan OS 6.0 sering hang karena rupanya memory habis.

Panduan untuk reinstalling yang sangat bagus ada di http://www.techonia.com/downgrade-blackberry-os-previous-software-version . Penulisnya tampaknya orang Indonesia juga.

Nah, semua email dan foto-foto masih utuh, hanya aplikasi dari 3rd party: bank mobile, Whatsapp, harus diinstall ulang. Dan yang lebih penting: karena memory sangat lapang, tidak hang lagi. Mudah-mudahan penggunaan baterai juga akan irit.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

