Esai-esai Nano

November 19, 2011

Matematika sedekah?

Filed under: Indonesia,Pernik — estananto @ 11:28 am
Tags:

Suatu waktu, seorang sahabat dekat mengirimkan message lewat Blackberry. Intinya adalah nasihat seorang ustadz – sebut saja inisialnya YM – bahwa sedekah punya “matematika”nya sendiri. Sang ustadz mengatakan bahwa ada ayat Al-Qur’an yang menyatakan bahwa satu sedekah akan dibalas oleh Allah dengan 10 kali lipat – dan itu berlaku secara material. Misalnya jika anda hari ini bersedekah Rp. 100.000, maka insya Allah 10 kali Rp. 100.000 atau Rp. 1.000.000 akan datang kepada anda, tentu saja di waktu yang belum dapat diperkirakan.

Image

Well, saya bukan ahli agama. Tetapi dari guru-guru agama saya, didapat kisah yang agak berbeda. Sahabat-sahabat Nabi itu ada yang kaya raya. Sayidina Abu Bakar dan Utsman bin Affan itu kaya, dan mereka terkenal menginfakkan dan mensedekahkan hartanya dalam jumlah banyak. Tetapi belum pernah dalam kisah-kisah didapat bahwa mereka mengamalkan “matematika sedekah satu dapat sepuluh” itu. Hilang secara material secara sedekah ya hilang saja. Tidak dihitung-hitung di awal.

Demikian juga kisah para Wali di Nusantara. Saya kira tidak ada satu kitab pun yang mengajarkan “matematika” seperti yang tertulis di atas”. Kalau ustadz YM memang mengatakan telah terjadi demikian, ya alhamdulillah. Tetapi saya memilih main aman saja. Kalau mau sedekah, ya sedekah saja, tidak perlu di depan menghitung ganjarannya. Karena Gusti Allah itu ya sesuka-Nya memberi ganjaran. Mudah-mudahan anda dan saya tetap menerimanya ya! Amin!

Iklan

1 Komentar »

  1. […] tahun lalu pernah menulis blog ini: Matematika sedekah?. Ini berkaitan dengan ceramah populer seorang ustadz tentang “Matematika Sedekah”, […]

    Ping balik oleh Matematika sedekah? | Esai-esai Nano — Juli 18, 2013 @ 7:03 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: