Esai-esai Nano

April 22, 2009

Demi Kehormatanku…

Filed under: Indonesia — estananto @ 12:21 am
Tags: , , , ,

Di TV-TV Indonesia beredar iklan dari Dirjen Pajak, sangat menarik. Ada dua teman lama, yang satu jadi orang pajak dan satu lagi jadi pengusaha. Yang pengusaha ini rupanya baru diperiksa anak buah sang sahabat yang bekerja di pajak dan mencoba negosiasi. Tentu dengan segepok uang dalam amplop coklat yang tertutup rapi (yang saya tidak tahu apakah uang di dalamnya Rp atau USD).
Tiba-tiba sang pejabat pajak teringat sumpah jabatannya (disimbolkan dengan foto pengangkatannya di dinding) dan menolak tawaran sang sahabat, yang kemudian marah dan membanting pintu. Foto mereka berdua yang digantung dekat pintu pun jatuh dan pecah berantakan.

***

Memang setiap iklan pada dasarnya propaganda. Tetapi ini adalah istimewa karena sebetulnya tujuan iklan ini adalah pejabat pajak sendiri. Seandainya tujuannya adalah masyarakat luas, seharusnya diberitahukan bagaimana cara menghindari diri dari menyuap. Misalnya apakah ada telpon hotline yang bisa dihubungi, atau apakah ada supervisor di setiap kantor pajak yang mudah diajak bicara, dan lain sebagainya.

***

Potensi suap menyuap kan selalu ada 2, yang menyuap dan yang disuap. Kalau yang menyuap tidak ada, tentu tidak ada yang menerima. Kalau yang disuap tidak ada, tentu juga tidak ada yang memberi.

Untuk menutup peluang suap sebetulnya flow pelayanan publik bisa dibuat setransparans mungkin, sejelas mungkin, baik bagi pejabat publik maupun bagi masyarakat luas. Sehingga dengan demikian skenario yang akan muncul akan dapat diantisipasi. Trik-trik penyuap dan yang disuap tentu tidak sesederhana dalam iklan, tapi dengan sebuah sistem yang rapi kita akan mampu menghadapinya. Mudah-mudahan.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: