Esai-esai Nano

Desember 17, 2006

Munich dan Uni Eropa

Filed under: Eropa — estananto @ 5:52 pm

Dalam sebuah koran lokal Munich, Samstag Blatt, menulis artikel menarik di halaman depan edisi 16 Desember 2006. Artikel itu membahas tentang tema pilkada Munich tahun ini. Kandidat dari partai konservatif Kristen Sosialis (CSU) adalah Josef Schmidt yang mengkritisi walikota Munich yang terus menerus terpilih sejak tahun 1993, Christian Ude, sebagai “terlalu aktif di tingkat nasional sehingga melupakan masalah-masalah kota Munich”. Sedangkan Christian Ude sendiri mengangkat tema peran aktif kota-kota Jerman di tingkat Uni Eropa. Ude sendiri adalah ketua “Majelis Kota-kota Jerman” di mana 51 juta orang Jerman yang tinggal di 4700 kota terwakili di dalamnya. Yang menarik, 60% kebijakan yang diambil di tingkat Uni Eropa (bukan tingkat nasional Jerman!) berpengaruh langsung terhadap kebijakan kota di tingkat bawah.

Menarik bukan? Bagaimana dengan implementasi kebijakan otonomi daerah di Indonesia serta kebijakan yang diambil di tingkat ASEAN?

Iklan

4 Komentar »

  1. Selamat Tahun Baru!

    Komentar oleh Blogguebo — Januari 3, 2007 @ 6:12 pm | Balas

  2. Eh, kok rss feednya nggak bisa dibuka ya?

    https://estananto.wordpress.com/feed/

    Komentar oleh DiN — Januari 6, 2007 @ 11:21 am | Balas

  3. Sekedar urun remburg, kebijakan di Uni Eropa, khususnya di bidang ekonomi, memang sepenuhnya diserahkan kepada Komisi Eropa yg berkedudukan di Brussel.Bahwa kebijakan tsb menyentuh sampai ke seluruh kota2 di negara anggota karena memang pembahasannya melibatkan semua negara anggota dan pihak terkait. Setiap kebijakan yg diusulkan terlebih dahulu harus mendapat persetujuan Parlemen Eropa dan Council. Di kedua badan tsb duduk wakil2 dari setiap negara yg memperjuangkan kepentingan masing2. Salam kenal

    Komentar oleh Aris — Januari 25, 2007 @ 10:34 pm | Balas

  4. Manambahkan dikit, utk ASEAN konteksnya masih beda. Pembentukan Komunitas ASEAN baru saja dimulai dan diharapkan terwujud pada tahun 2015. ASEAN belum memiliki instrumen2 seperti Uni Eropa. Namun dengan disepakatinya rencana membuat ASEAN Charter, maka langkah ASEAN kedepan akan seperti UE dewasa ini.

    Komentar oleh Aris — Januari 25, 2007 @ 10:36 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: